Mengapa Bermain Aktif Sangat Penting Bagi Balita ?

Pertumbuhan masa kanak-kanak atau masa balita memang sering disebut dengan Golden Age. Di masa keemasan ini telah dibuktikan bahwa otak mengalami perkembangan yang sangat cepat, sekitar 80% otak anak mengalami peningkatan pada usia 0-6 tahun.

Pelajaran yang paling baik adalah yang dapat kita lakukan sepanjang hidup, atau yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dasar pembelajaran adalah dengan melakukan atau apa yang dilakukan di awal kehidupan anak-anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa melatih dan membiasakan kebiasaan baik sejak dini adalah sebuah keharusan. Bantu anak anda untuk menemukan keterampilan melalui permainan dan aktivitas yang aktif dan positif.

Mengapa bermain aktif dan positif ini sangat penting untuk perkembangan anak? Merangkak, berjalan dan berbicara merupakan tolok ukur penting yang harus diperhatikan setiap orang tua. Usia 0-6 tahun adalah tahap kesempatan belajar yang tak ada bandingannya, dan pengalaman anak anda pada saat penting ini akan tetap bersama mereka seumur hidup. Anda dapat mendorong semua keterampilan dan daya tarik dunia ini pada anak anda dengan bermain secara aktif dengan mereka.
Yang paling banyak anak balita butuhkan adalah ruang dan waktu untuk mengeksplorasi, berinteraksi dan berbincang dengan anda, dan beberapa mainan sederhana yang membantu anak anda sehingga dapat menggunakan imajinasi mereka. Pengalaman yang berulang membantu mereka belajar, jadi saat balita Anda berkata, “Sekali lagi! Sekali lagi! “Ikuti saja. Bermain adalah bagian dari gambaran yang lebih besar yang mencakup mendengarkan, mengamati dan interaksi sosial yang Anda sebagai orang tua dapat membantu mengeksplorasinya.
Bermain dengan blok kayu dan membentuk sebuah bangunan adalah mainan yang hebat untuk balita. Hal ini dapat mendorong mereka untuk berkonsentrasi dan melatih kesabaran untuk menumpuknya (dan saat mereka menjatuhkan), kemampuan komunikasi untuk menjelaskan apa yang mereka lakukan dengan mainan tersebut, keterampilan sosial untuk berbagi, dan berimajinasi – apakah itu rumah, mobil atau hewan? Kita semua memiliki panci dan wajan, kotak plastik dan sendok kayu di lemari. Ini bagus untuk bermain imajinatif – satu menit balita Anda bisa menjadi koki, selanjutnya si drummer di sebuah band rock.

Belajar untuk berdiri dan mengamati, dan hanya mengambil sesuatu yang berada di dunia sekitar mereka sering merupakan bagian yang diremehkan dari cara bermain dan pengalaman balita. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan hanya untuk kepentingannya, berhenti untuk melihat dan membicarakan setiap bunga, serangga, jendela toko atau benda yang diminati anak Anda. Aktivitasnya sederhana, tapi fantastis untuk mendorong menjadi satu kesatuan, bahasa, observasi, keingintahuan dan latihan fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *